Minggu, 23 Januari 2011

PROPOSAL HIDUP

PROPOSAL HIDUP
Sumber : Buku karya Jamil Azzaini yang berjudul “TUHAN, Inilah Proposal Hidupku”
Mungkin bagi para mahasiswa dan pekerja sudah tidak asing lagi yang namanya membuat proposal, baik proposal kegiatan, proposal pengajuan dana, proposal proyek, dan proposal Tugas Akhir/Poyek Akhir. Hal-hal seperti kegiatam proyak, dan TA merupakan hal yang kecil jika dibandingkan kehidupan kita. Dan ini berarti kita sebagai pihak yang melakoni kehidupan seharusnya memiliki proposal kehidupan yang kita buat untuk diajukan kepada Allah SWT. Ya, kita diharuskan untuk merencanakan kehidupan kita, jangan sampai seorag muslim memiliki motto hidup “mengalir seperti air”. Tujuannya membuat proposal hidup agar hidup terarah,  memiliki tujuan yang jelas, perencanaan yang matang,sehingga bisa fokus terhadap goal yang kita inginkan.
Nah, bagaiman sih tahapan agar kita bisa membuat proposal hidup, mas Jamil Azzani dalam bukunya membaginya menjadi 5 tahap :
Tahap 1
Sadarilah bahwa ANDA ADALAH MASTERPIECE
Ya, kita, manusia adalah ciptaanNYA yang sempurna, kita adalah khalifah di bumi ini. Dan Allah menciptkana kita dengan karakter, fisik, jalan hidup, nikmat, ujian, fikiran, kecerdasan, kemampuan, kedewasaan yang pasti berbeda dengan orang lain, dan tak mungkin ada yang sama persis seperti kita. Analoginya seperti benda, benda-benda erkualitas tinggi biasanya limited addition dan juga memiliki harga yang mahal, nah, sekarang apalagi saya, anda, hanya satu-satunya di muka bumi ini! Inilah yang akan membuat kita sebagai MASTERPIECE.
Namun, ke-masterpiece-an seseorang bukan hanya diukur dari segi materi yang dimiliki, tapi ada hal-hal yang tidak bisa diukur dengan materi. Coba lihat keseluruh tubuh Anda, lalu saya akan menanyakan, “Berapa harga pendengaran Anda?”, “berapa harga penglihatan Anda?”, “berapa harga keahlian Anda?”… yang pasti tak ternilai!
Tahap kedua
Tetapkan prestasi terbaik yang akan Anda Raih
Janganlah menjadi ulat-ulat yang hanya berkutat di situuuuuu saja, bekerja hanya mengikuti kebiasaan di masyarakat, tidak memilki inovasi untuk mencari celah peluang lain. Maka, tulislah prestasi terbaik yang ingin Anda capai dalam hidup Anda. Cara penulisan prestasi terbaik yang benar harus spesifik bentuk prestasinya dan waktu tercapainya.
Tahap ketiga
Jadilah seorang expert
Bukan hanya sorang yang ahli atau profesional tapi lebih dari itu, yaitu expert. Anda dapat menjadi expert dengan hal yang Anda sukai dan biasanya akan mendatangakan penghasilan bagi Anda. contohnya ada orang yang Expert di bidang bisnis On-Line, ada juga yang Expert dalam obat-obatan tradisional, dan lain-lain. Nah, lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang yang Expert?
a. Curahkan waktu untuk meningkatkan expert Anda
b. Carilah guru Expert, spritual dan kehidupan
c. Bersahabatlah dengan orang yang mendukung Anda
Tahap keempat
Sempurnakan kehidupan Anda
Sepurnakan hidup Anda untuk mencapai ke-Expert-an yang labihbaik, seperti kehidupan spiritual Anda, kehidupan sosial, keuangan, dan lain-lain
Tahap kelima
Sempurnakan Lingkungan Anda
Sampaikan propsal kehidupan Anda mulai dari orang-orang di rumah Anda, lalu jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikan proposal kehidupan Anda kepada orang lain yang Anda anggap spesial. Dan tak lupa selalu berdoa dan mensyukuri keberhasilan dalam setiap tahap



HARI INI AKU MULAI BUAT PROPOSAL HIDUPKU YA ALLAH ''


1.Aku ingin masuk surga ketika aku mati nanti
2.Aku ingin banyak rejeki
3.Aku ingin punya istri yang cantik dan sholekhah
4.Aku ingin bahagiain kedua orang tua
5.Aku ingin menaikan haji kedua orang tua
6.Aku ingin menjadi kakak yg baik,sayang dan sebagai panutan yg baik bagi adik-adik
7.Aku ingin punya anak-anak yang sholeh dan sholekhah
8.Aku ingin punya rumah bagus
9.Aku ingin punya mobil dan motor yang bagus
10.Aku ingin naik haji
11.Aku ingin punya kerjaan yang mapan
12.Aku ingin ndiriin pesantren dan rumah buat anak-anak yatim piatu
13.Aku ingin punya perpustakaan yang banyak buku.(buku pendidikan agama islam dan ilmu dunia)
14.Aku pengen cepat lulus kuliah
15.Aku pengen punya teman yang banyak,yg bisa diajak berusaha bareng mengejar surga
16.aku ingin beasiswaku cair


sementara cuma ini proposal hidupku hari ini.... 24.01.2011

17.Aku ingin cepat menikah ya Allah,agar aku terhindar sifat zina
18.Aku ingin hutang-hutangku lunas ya Allah,agar aku tenang menjalani ibadah engkau
20.Aku ingin punya kekasih saat ini ya Allah,agar nanti ketika menikah aku sudah tau baik buruknya istriku nanti.

sementara cuma ini proposal hidupku hari ini.... 25.01.2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar